Latest Updates

Bagaimana saya tahu bahwa saya memiliki endometriosis?

Jika Anda memiliki gejala penyakit ini, berbicara dengan dokter atau dokter kandungan / ginekolog (OB / GYN). Sebuah OB / GYN memiliki pelatihan khusus untuk mendiagnosa dan mengobati kondisi ini. Kadang-kadang endometriosis adalah keliru untuk masalah kesehatan lain yang menyebabkan nyeri panggul dan penyebab pasti mungkin akan sulit untuk menentukan.

Dokter akan berbicara dengan Anda tentang gejala dan riwayat kesehatan. Dokter mungkin juga melakukan tes ini untuk memeriksa petunjuk dari endometriosis:

Pemeriksaan panggul. Dokter akan melakukan pemeriksaan panggul untuk merasakan kista besar atau bekas luka di belakang rahim Anda. Area yang lebih kecil dari endometriosis sulit untuk merasa.

USG. Dokter bisa melakukan ultrasound, tes pencitraan untuk melihat apakah ada kista ovarium dari endometriosis. Selama USG vagina, dokter akan memasukkan scanner tongkat berbentuk ke dalam vagina Anda. Selama USG panggul, scanner dipindahkan di seluruh perut Anda. Kedua tes menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar organ reproduksi Anda. Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah tes lain pencitraan umum yang dapat menghasilkan gambar bagian dalam tubuh Anda.

Laparoskopi (lap-ar-OS-ko-kencing). Satu-satunya cara bagi dokter untuk mengetahui dengan pasti bahwa Anda memiliki endometriosis adalah untuk melihat ke dalam perut Anda untuk melihat jaringan endometriosis. Ia dapat melakukan hal ini melalui operasi kecil yang disebut laparoskopi. Anda akan menerima anestesi umum sebelum operasi. Kemudian, perut Anda diperluas dengan gas untuk membuatnya mudah untuk melihat organ-organ Anda. Pemotongan kecil dibuat di perut Anda dan tabung tipis dengan cahaya ditempatkan dalam untuk melihat pertumbuhan dari endometriosis. Kadang-kadang dokter dapat mendiagnosa endometriosis hanya dengan melihat pertumbuhan. Lain kali, mereka perlu mengambil sampel kecil jaringan dan mempelajarinya di bawah mikroskop.

Jika dokter Anda tidak menemukan tanda-tanda dari suatu kista ovarium selama USG, sebelum melakukan laparoskopi, dokter mungkin meresepkan pil KB untuk mengendalikan siklus menstruasi Anda. Kadang-kadang perawatan ini membantu mengurangi nyeri panggul selama periode Anda. Beberapa dokter mungkin menawarkan pengobatan lain yang menghalangi siklus menstruasi dan menurunkan jumlah estrogen tubuh Anda membuat sebelum melakukan laparoskopi. Perawatan ini adalah obat yang disebut gonadotropin sebuah (pergi-na-doh-TRO-pen) hormone releasing hormone (GnRH) agonis, yang juga dapat membantu nyeri panggul. Jika rasa sakit Anda meningkatkan pada obat ini, dokter mungkin akan berpikir bahwa Anda memiliki endometriosis.

Laparoskopi sering dianjurkan untuk diagnosis dan pengobatan jika nyeri panggul tetap ada, bahkan setelah mengambil kontrol kelahiran pil dan obat nyeri.

0 Response to "Bagaimana saya tahu bahwa saya memiliki endometriosis?"

Post a Comment