Latest Updates

Penyakit Sifilis

Apakah sifilis? 

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang jika tidak dirawat dengan benar. Gejala pada orang dewasa dibagi menjadi tahap. Tahap ini adalah primer, sekunder, laten, dan sifilis terlambat.

Bagaimana sifilis menyebar? 

Anda bisa mendapatkan sifilis melalui kontak langsung dengan luka sifilis selama anal, vagina, atau oral seks. Luka dapat ditemukan pada penis, vagina, anus, pada rektum, atau di bibir dan mulut. Sifilis juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya yang belum lahir.

Apa sifilis terlihat seperti? 

Sifilis telah disebut 'the great imitator' karena memiliki begitu banyak gejala mungkin, banyak yang terlihat seperti gejala dari penyakit lain. Sifilis sakit menyakitkan bahwa Anda akan dapatkan setelah Anda pertama kali terinfeksi dapat bingung untuk rambut tumbuh ke dalam, zipper dipotong, atau benjolan tampaknya tidak berbahaya lainnya. Ruam tubuh non-gatal yang berkembang selama tahap kedua sifilis dapat muncul di telapak tangan dan telapak kaki, seluruh tubuh Anda, atau hanya dalam beberapa tempat. Anda juga bisa terinfeksi dengan sifilis dan memiliki gejala yang sangat ringan atau tidak ada sama sekali.

Bagaimana saya bisa mengurangi risiko saya terkena sifilis? 

Satu-satunya cara untuk menghindari PMS adalah dengan tidak memiliki vagina, anal, atau oral seks.
Jika Anda aktif secara seksual, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan sifilis:
Berada dalam hubungan jangka panjang yang saling monogami dengan pasangan yang telah diuji dan memiliki hasil tes STD negatif;
Menggunakan kondom lateks dengan cara yang benar setiap kali Anda melakukan hubungan seks. Kondom mencegah penularan sifilis dengan mencegah kontak dengan sakit a. Kadang-kadang luka terjadi di daerah yang tidak dilindungi oleh kondom. Kontak dengan luka tersebut masih dapat menularkan sifilis.

Apakah saya berisiko untuk sifilis? 

Setiap orang yang aktif secara seksual bisa mendapatkan sifilis melalui anal tanpa kondom, vagina, atau oral seks. Punya jujur ​​dan terbuka berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan tanyakan apakah Anda harus diuji untuk sifilis atau penyakit menular seksual lainnya. Anda harus mendapatkan diuji secara teratur untuk sifilis jika Anda sedang hamil, adalah seorang pria yang berhubungan seks dengan laki-laki, memiliki infeksi HIV, dan / atau memiliki pasangan (s) yang telah dinyatakan positif sifilis.
Aku hamil. Bagaimana sifilis mempengaruhi bayi saya?
Jika Anda sedang hamil dan memiliki sifilis, Anda dapat memberikan infeksi pada bayi yang belum lahir Anda. Memiliki sifilis dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan rendah. Hal ini juga dapat membuatnya lebih mungkin Anda akan memberikan bayi Anda terlalu dini atau lahir mati (bayi lahir mati). Untuk melindungi bayi Anda, Anda harus diuji untuk sifilis selama kehamilan dan saat melahirkan dan menerima perawatan segera jika Anda tes positif.
Bayi yang terinfeksi dapat lahir tanpa tanda-tanda atau gejala penyakit. Namun, jika tidak segera diobati, bayi mungkin mengembangkan masalah serius dalam beberapa minggu. Bayi tidak diobati bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti katarak, tuli, atau kejang, dan bisa mati.
Ruam sekunder dari sifilis pada telapak tangan.
Ruam sekunder dari sifilis pada telapak tangan.
Bagaimana saya tahu jika saya memiliki sifilis?
Gejala sifilis pada orang dewasa dapat dibagi menjadi tahap:
Tahap primer
Selama pertama (primer) tahap sifilis, Anda mungkin memperhatikan sakit tunggal, tetapi mungkin ada beberapa luka. Sakit adalah lokasi di mana sifilis memasuki tubuh Anda. Sakit ini biasanya tegas, bulat, dan tanpa rasa sakit. Karena sakit yang tidak menimbulkan rasa sakit, dengan mudah dapat pergi tanpa diketahui. Sakit ini berlangsung 3 sampai 6 minggu dan menyembuhkan terlepas dari apakah atau tidak Anda menerima pengobatan. Meskipun sakit hilang, Anda masih harus menerima pengobatan sehingga infeksi Anda tidak bergerak ke tahap sekunder.
Tahap sekunder
Selama tahap kedua, Anda mungkin memiliki ruam kulit dan / atau luka di mulut Anda, vagina, atau anus (juga disebut lesi selaput lendir). Tahap ini biasanya dimulai dengan ruam pada satu atau lebih area tubuh Anda. Ruam dapat muncul ketika sakit utama Anda adalah penyembuhan atau beberapa minggu setelah sakit telah sembuh. Ruam dapat terlihat seperti kasar, merah, atau bintik-bintik coklat kemerahan pada telapak tangan Anda dan / atau bagian bawah kaki Anda. Ruam biasanya tidak akan gatal dan kadang-kadang begitu samar bahwa Anda tidak akan menyadarinya. Gejala lain yang mungkin Anda miliki dapat berupa demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok tambal sulam, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot, dan kelelahan (merasa sangat lelah). Gejala-gejala dari tahap ini akan pergi apakah Anda menerima pengobatan. Tanpa pengobatan yang tepat, infeksi Anda akan pindah ke laten dan mungkin tahap akhir sifilis.
Ruam sekunder dari sifilis pada batang tubuh.
Ruam sekunder dari sifilis pada batang tubuh.
Tahapan laten dan Akhir
Tahap laten sifilis dimulai ketika semua gejala yang sebelumnya hilang. Jika Anda tidak menerima pengobatan, Anda dapat terus memiliki sifilis dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun tanpa ada tanda-tanda atau gejala. Kebanyakan orang dengan sifilis yang tidak diobati tidak mengembangkan sifilis stadium akhir. Namun, ketika itu terjadi terjadi sangat serius dan akan terjadi 10-30 tahun setelah infeksi Anda mulai. Gejala tahap akhir sifilis termasuk kesulitan mengkoordinasikan gerakan otot Anda, kelumpuhan (tidak bisa menggerakkan bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda), mati rasa, kebutaan, dan demensia (gangguan mental). Pada tahap akhir dari sifilis, penyakit kerusakan organ-organ internal Anda dan dapat mengakibatkan kematian.
Infeksi sifilis disebut 'awal' kasus jika pasien telah terinfeksi selama satu tahun atau kurang, seperti pada tahap primer atau sekunder dari sifilis. Orang yang memiliki 'awal' infeksi sifilis dapat lebih mudah menyebarkan infeksi ke pasangan seks mereka. Mayoritas kasus sifilis dini saat ini ditemukan di antara pria yang berhubungan seks dengan laki-laki, tetapi perempuan dan anak-anak yang belum lahir juga berisiko infeksi.
Bagaimana dokter saya akan tahu jika saya memiliki sifilis?
Sebagian besar waktu, tes darah dapat digunakan untuk menguji sifilis. Beberapa dokter akan mendiagnosis sifilis dengan menguji cairan dari luka sifilis.
Bisa sifilis dapat disembuhkan?
Darkfield mikrograf dari Treponema pallidum.
Darkfield mikrograf dari Treponema pallidum.
Ya, sifilis dapat disembuhkan dengan antibiotik yang tepat dari penyedia layanan kesehatan Anda. Namun, pengobatan tidak akan membatalkan kerusakan bahwa infeksi telah dilakukan.
Aku sudah diobati. Bisakah saya mendapatkan sifilis lagi?
Memiliki sifilis sekali tidak melindungi Anda dari mendapatkan itu lagi. Bahkan setelah Anda telah berhasil diobati, Anda masih bisa terinfeksi kembali. Hanya tes laboratorium dapat mengkonfirmasi apakah Anda memiliki sifilis. Tindak lanjut pengujian oleh penyedia layanan kesehatan Anda dianjurkan untuk memastikan bahwa perawatan Anda berhasil.
Karena luka sifilis dapat disembunyikan dalam vagina, anus, di bawah kulup dari penis, atau di mulut, hal itu mungkin tidak jelas bahwa pasangan seks memiliki sifilis. Kecuali Anda tahu bahwa pasangan seks Anda (s) telah dites dan diobati, Anda mungkin berada pada risiko terkena sifilis lagi dari pasangan seks yang tidak diobati.

0 Response to "Penyakit Sifilis"

Post a Comment